Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP NEGERI 3 Rantau Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap
hasil belajar siswa kelas VII SMP NEGERI 3 Rantau Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
metode true eksperiment. Sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple randong sampling
dari 59 siswa yang terdiri dari 2 sampel, yaitu sampel 1 kelas VII-1 yang berjumlah 30 siswa dan sampel 2 kelas VII-2
yang berjumlah 29 siswa. Untuk mengetahui hasil belajar Biologi siswa instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tes yang berupa pilihan berganda yang terdiri dari 36 item. Berdasarkan uji dependent sample T-Test
diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (8,627 > 74,430) maka dapat disimpulkan bahwa H0
ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model media pembelajaran berbasis
video terhadap hasil siswa kelas VII SMP NEGERI 3 Rantau Utara.
Downloads
References
Jurnal Pembelajaran Kognitif , Vol.21 No.1 Hal:24-25.
Daryanto (2010) “media video adalah segala sesuatu yang memungkinkan sinyal audio dapat dikombinasikan dengan gambar bergerak secara
sekuensal”. (25 maret 2021).
Heinich, dkk. (2006). “medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima”. Jurnal Medium Sebagai Sumber,
Vol.21 No. 1 Hal:4
Marsudi, (2016) “Media pembelajaran dalam rangka penyampaian agar lebih mudah di terima oleh siswa”. Jurnal Media Pembelajaran. Vol.
7 No.2
Maswan & Muslimin (2017) video adalah media audio-visual yang menampilkan gerak gambar hidup dan suara dari rekaman peristiwa nyata
terjadi.
Rusman dkk. (2011). “dalam arti utama video”. Jurnal Video Pembelajaran.Vol.3 No.1.Hal: 218
Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta:Rineka Cipta,2010
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Whandi, dkk. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta:Rineka Cipta,2007
Yunita, Dwi, dkk. (2017). “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa”.
SOSIOHUMANIORA, Jurnal LP3M-Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.Vol.3, No.2





