Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan google classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Panai Hilir
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Google Classroom
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Panai Hilir. Jenis penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah Sampling jenuh
dari 70 siswa yang terdiri dari dua sampel, yaitu sampel 1 kelas X IPA1 yang berjumlah 35 siswa dan sampel 2
kelas X IPA2 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif
yang berupa pilihan berganda yangterdiri dari 22 item.Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa
populasi dan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dengan menggunakan uji statistik t pada taraf
signifikan ???? = 0,05 di peroleh hasil perhitungan t hitung > ttabel (15,45> 0,396) maka H1 diterima dan Ho
ditolak, sehingga kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan penggunaan Google Classroom tehadap hasil
belajarsiswa
Downloads
References
Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal IT-Edu. Vol.02 No.01
Mallangkay B.L dan Suharyanto, (2016).”Penerapan E-Learning SebagaiAlat Bantu Mengajar Dalam Dunia
Pendidikan.”Jurnal Ilmiah Widya, Vol.3 No.4
Nirfayanti, Nurbaiti,(2019). “Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real
Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa”.Jurnal Penelitian Matematika 2(1).50-59.
Sugiyono, ( 2018 ). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Vicky Dwi Dan PutriRahma,(2018). “Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar”.
Jurnal Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, UniversitasNegeri Surabaya





