Efektifitas Pembelajaran Daring Di Masa New Normal Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Rantau Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring dimasa New Normal pada
pembelajaran Biologi di SMAN 1 Rantau Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Efektivitas pembelajaran
daring di masa New Normal pada pembelajaran Biologi diambil kesimpulan selama pembelajaran daring
berjalan dengan cukup efektif berdasarkan uji efektifitas di lapangan mendapatkan hasil 62,9%. Setandar
efektifitas menurut Yulistiana (2008) dalam Safitri (2011) bahwa skor 62,9% adalah pencapaian setandar
cukup efektif dan sesuai dengan aturan pemerintah melalui Surat Edaran No.15 Tahun 2020. Tentang
langkah-langkah yang harus dilakukan oleh kepala satuan pendidikan dan guru dalam menjalankan
pembelajaran dari rumah pada masa pandemi covid-19.
Downloads
References
Perspektif Hukum Kesehatan”. Jurnal Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo 17 (1).
Marchat, Dewi . (2011) “Keefektivan Kebijakan Pemberian Subsidi Kpr/Btn Serta Sarana Dan Prasarana
Najir. Mohammad. (2011). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Permukiman Di Perumnas Pucang Gading Cabang Semarang”. Jurnal Ekonomi Pembangunan.
Sugiyono, ( 2018 ). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Yuliana (2020). “Corona Virus Disease (Covid-19) “Sebuah Tinjauna Litratur”. Jurnal Fakultas Kedokteran Lampung 5
(2). 107-192.
Yulistiana. (2008) “Efektivitas Pembelajaran Instalasi Jaringan Lokal Dengan Pendekatan E-Learning Berbasis Moodle
Ditinjau Dari Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Tkj Di Smk N 1 Pundong”. Jurnal Teknik Informatika.





