Pengembangan Metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) Berbasis E-Learning di Sman 2 Rantau Utara

  • evi ramad Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Fitri Endang Srimulat Dosen Universitas Al washliyah Labuhanbatu
Keywords: Research and Development (R&D), Metode Student Facilittor and Explaining , E-learning

Abstract

Pengembangan Metode Student Facilitator And Explaining (SFAE) Berbasis E-Learning Di SMAN 2 Rantau
Utara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan dan Kelayakan Metode Student Facilittor and Explaining
(SFAE) berbasis E-learning di SMAN 2 Rantau Utara T.A 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode
Pengembangan Research And Development (R&D). Obyek penelitian adalah metode Student Facilittor and Explaining.
Tahap penelitian meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) pembuatan produk, (4) validasi desain, (5)
revisi desain.
Hasil penelitian validasi diperoleh rata-rata skor dari data ahli materi dan ahli metode menunjukkan skor 0,82 =
82% dengan kriteria “Baik”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk metode SFAE berbasis e-learning materi sistem
ekkresi pada manusia memiliki kualitas layak pakai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elyas, Ananda Hadi. (2018). “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”. Jurnal Warta
Edisi : 56. 1829-7463.
Firman. (2020). “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”. Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 02(02). 81-89.
Heni, Feronika Dkk. (2017). “Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Berbantuan Media Peta Timbul Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sel”. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi). 2(2). 20-26.
Khuluqo, Ihsana El. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode Aplikasi Nilai-nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
A.M, Sudirman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Rusman.(2016). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Kustini,Wiwik. (2016). “Melalui Metode Student Facilitator And Explaining (Sfae) Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi
Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Kelas Iv-B Semester Ii Tahun 2014/2015 Di Sd Negeri 2 Surodakan Kecamatan Trenggalek
Kabupaten Trenggalek”. Jurnal Pendidikan Profesional. 5(2). 206-217.
Mustikasari, Indah Dkk. (2019). “Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis”.
Jurnal Ilmiah Sekolah dasar 3(3). 304-309.
Muslim, Siska Ryane. (2015). “Pengaruh penggunaan metode student facilitator and explaining dalam pembelajaran kooperatif terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMK di Kota Tasikmalaya”. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran
Matematika. 1(1). 66-72.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development R & D. Bandung: Alfabeta
Published
2021-09-13