Pengembangan Modul Biologi Materi Sistem Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Covid-19” Penelitian ini membahas tentang pengembangan modul biologi pada materi sistem reproduksi berbasis
pendidikan karakter pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menghasilkan modul yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran yang dapat memudahkan
peserta didik dalam memahami materi. Penelitian pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendidikan karakter
mengacu pada model pengembangan 4D yang memiliki empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan,
develop (pengembangan), desseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validas, angket
respon peserta didik yang berupa soal pilihan berganda sebanyak 15 nomor. Tehnik analisis data yang digunakan adalah
analisis data kevalidan, analisi data kepraktisan dan analisis data kepraktisan.
Berdasarkan hasil validasi angket diperoleh rata-rata skor dari data ahli materi dan ahli bahasa menuntukkan skor 4.5 dengan
kriteria “Sangat Baik”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk modul biologi materi sistem reproduksi berbasis
pendidikan karakter memiliki kualitas yang layak untuk di uji coba.
Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul biologi materi sistem reproduksi berbasis
pendidikan karakter yang dikembangkan memiliki kualitas layak pakai.
Downloads
References
81-89.
Megawangi, Ratna. (2020). Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
Haryana, Melda. (2019). “Pengembangan Modul Keanekaragaman Mamalia BerbasisPotensi Lokal Kelas X SMA. Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Alwashliyah. Labuhanbatu.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rakhmatullah. (2018). “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Terintegrasi Keilmuan Islam Pada Siswa
Kelas XI MA Nurul Hidayah Manimpahoi Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai”. Skripsi. Fakultas Tarbiah dan Keguruan. Universitas
Islam Negeri Alauddin. Makassar.
Sadikin, Ali dkk. (2020). “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6 (02). 215-220.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulfadli. (2017). “Pengembangan Modul Biologi Pada Materi Ekosistem Berbasis PBL Untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadyah Kota
Tarakan”. Jurnal Bionature 17 (1). 63-67.
Ismu Fathikhah, & Nurma Izzati. (2015). “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Qoutent pada Pokok
Bahasan Himpunan. Eduma: Mathematics Education Teaching Moore, J., Dickson-Deane., & Galyen, K. (2011). E-learning, Online
Learning, and Distance Learning Evironments: Are They The Same? Internet and Higher Education





