PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ORGANISASI JARINGAN SEL DI KELAS XI SMA
Abstract
Produk modul pengembangan pada materi organisasi jaringan sel telah dinilai/divalidasi oleh ahli materi dan guru biologi di
SMA kelas XI,SMA 3 Negeri Rantau Utara. Dalam tahap validasi pengembangan modul pembelajaran organisasi jaringan sel
di kelas XI SMA, ada beberapa aspek di validasi, yaitu aspek konten/isi dan aspek tampilan. Berdasarkan hasil validasi ahli
materi dapat dilihat pada lampiran 3 yaitu. Memperoleh skor 4,5 (sangat baik) validasi dilakukan sebanyak 1 kali. Sedangkan
pada validasi oleh ahli guru, hasil perolehan skor yaitu 4,8 (sangat baik) dengan 1 kali validasi. Hasil pengembangan modul
pembelajaran organisasi jaringan sel di kelas XI SMA. Melalui validasi ahli materi dan ahli guru memiliki rata-rata 4,8
dengan katagori “sangat baik”. Pengembangan modul pembelajaran organisasi jaringan sel din kelas XI SMA 3 Negeri
Rantau Utara yang dikembangkan layak pakai.
Downloads
References
Rosdakarya.
Baharuddin. Wahyuni Esa. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Budiono, Eko. Susanto, Hadi. 2006. Penyusunan Dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum
Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana
Pada Kelas X Semester I SMA. Vol. 4, No 2
Hariana, Melda. 2019. Pengembangan Modul Keanekaragaman Mamalia Berbasis Potensi Lokal Kelas X SMA.
Masturi. 2019. Pengaruh Penerapan Pakem dengan Model Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA N 2 Rantau
Selatan.
Ramadhana, Risky. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Volume VI,
Nomor 2.
Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Dan Pengembangan”. Bandung:Alfabeta





