Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantauprapat 2021

  • erlinawati Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Media Pembelajaran Edmodo, Hasil Belajar

Abstract

Media pembelajaran edmodo adalah sebuah media untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara daring
(online). Edmodo menggabungkan sebagai fitur dari learning managemen system yaitu aplikasi yang digunakan untuk
mengelola pembelajaran, mengirimkan konten, melacak aktivitas online seperti memastikan pada kelas maya,
memastikan pengumpulan tugas, dan melacak pencapaian siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Kemala
Bhayangkari 2 Rantauprapat 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode
quasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dari 62 siswa yang terdiri dari dua sampel,
yaitu sampel 1 kelas XI MIA1
yang berjumlah 31 siswa dan sampel 2 kelas XI MIA2
yang berjumlah 31 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes objektif yang berupa pilihan berganda yang terdiri
dari 20 item. Berdasarkan Hasil uji dependent sampleT-Test dengan nilai sig 0,05 pada df 30 adalah 1,69726
dihasilkan nilai t pada kelas eksperimen adalah 19,984, maka thitung > ttabel (19,984 >1,69726). Nilai t pada kelas kontrol
adalah 16,883, maka thitung > ttabel (16,883 > 1,69726. Hal ini dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak
sehingga terdapat pengaruh pembelajaran berorientasi penggunaan e-learning berbasis edmodo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Ekayati. (2019). E-Learning Berbasis Edmodo. Medan: CV Budi Utama.
Kurnia. (2019). Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI
SMKN 9 Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri
Raden Intan Lampung. 81-85
Munif, dkk. (2018). “Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di
SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan Tahun Ajaran 2017/2018”.
http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/al-gazwah. 2 (2). 207-226.
Permatasari, Aprilia. (2018). “Pengaruh Penggunaan Wahana Edmodo Terhadap Hasil Belajar Kognitif C1-C3
Pada Materi Kingdom Animalia Kelas X Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta”. http://jurnal
Bioeducation. 1 (1). 33-38.
Sadikin, Hamidah, Afreni. (2020). “ Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic”. https://online
journal.unja.ac.id/biodik. 6 (2). 215-224.
Setyo, Fachri. (2015). “Perbandingan Power Of Test dari Uji Normalitas Metode Bayesian, Uji Shapirok-Wilk,
Uji Cramer Von Mises, dan Uji Anderson-Darling”. Jurnal Gradien. 11 (2). 1101-1105.
Sudjono, Anas. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafind Persada.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet
Syam, Anshori. (2020). “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
Pendidikan Biologi”. htpp://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb. 7 (10). 29-36
Published
2021-09-13