Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VIII SMPN Rantau Utara Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Model pembelajaran E-learning adalah segala jenis pembelajaran yang menggunakan media elektronik ataupun teknologi komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran E-learning terhadap hasil belajar siswa. Peneitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dari 60 siswa yang terdiri dari dua sampel, yaitu sampel 1 kelas VIII 4 yang berjumlah 30 siswa dan sampel 2 kelas VIII5 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif yang berupa pilihan berganda yang terdiri dari 25 item.Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa populasi dan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dengan menggunakan uji statistik t pada taraf signifikan ???? = 0,05 di peroleh hasil perhitungan t hitung > ttabel (1.299 > 0,024) maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran E- learning tehadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Renika Cipta, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi.(2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Djaali. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : PT Grasindo Dimyati,dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Maryanto, A. (2006). Petunjuk Praktikum Fisika Dasar II, Yogyakarta: Lab.Fisika Dasar FMIPA UNY. Sugiono. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Slameto, 1995:8, pengembangan belajar : Jakarta, rineka cipta.





