Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mts N 3 Labura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekataan scientific dengan model Discovery Learning dan metode konvensional atau ceramah pada materi sistem ekskresi pada manusia di Mts N 3 Labura. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas, yaitu sampel 1 kelas VIIIA yang berjumlah 41 orang dan sampel 2 kelas VIIIB yang berjumlah 41 orang. Untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa pilihan berganda yang terdiri dari 20 item. Berdasarkan uji dependent sample T – Test diperoleh nilai sig diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (9,00 > 1,68288) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekataan scientific dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII Mts N 3 Labura.
Downloads
References
Ana Maria Ulfa. Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pemberian Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Keliling dan Luas Segiempat Siswa kelas VII MTsN 2 Tulunggung Tahun Ajaran 2015-2016 dalam http://repo.iain- tulunggung.ac.id/vie/subjects/MM.html diakses pada tanggal 01 Desember 2016 pukul 11.50, hal. 77
Arikunto, Suharsimi. 2017. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu, Terintegrasi (K13). Yogyakarta: Gava Media. Depdiknas. 2011. Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Sinar Grafika.
Durajad. 2008. Model Pembelajaran Penemuan Discovery Learning.
Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan 13 (2)
Johari Marjan. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekataan Scientific Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mua’alimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. [ Online]. Tersedia. http://Jurnal.Pasca.Undiksha.ac.id [Diakses Tanggal 02 Januari 2017].
Kemendikbud. 2013. Pendekataan Scientific dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbang Prodik. M.Lazim. 2013. Konsep Pendekataan Scientific. Jakarta: Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhibbin Syah. 2006. Proses dalam Belajar Psikologi Pendidikan dengan Pendekataan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, Hardianti. 2015. Peranan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Lapparija. Volume 11, Nomor 1, April 2015
Priatna. 2018. Pengaruh Pemahaman Masyarakat Dan Peran Pemerintah Terhadap Partisipasi Masyarakat Di Dalam Kegiatan Rehabilitas Ekosistem Mangrove Di Muara Gembong Kabupaten Bekasi. Jurnal Kreatif: Pemasaran, Sumberdaya Manusia Dan Keuangan 6 (2). 98-115
Rini, Faisal. 2015. Perbandingan Power Of Tes Dari Uji Normalitas Metode Bayesian, Uji Shapiro Wilk, Uji Cramer-von Mises, Dan Uji Anderson Darling. Jurnal Gradien 11 (2). 1101-1105.
Sarwaningsiha. 2017. Komparasi Ketepatan Estimasi Koefisien Reliabilitas Tes Ujian Nasional Kimia Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia. 2(1). 34-42.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kulitatif dan R & D). Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kulitatif dan R & D). Bandung: CV Alfabeta.





