Analisis Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA N 2 Rantau Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekataan scientific dengan model Discovery Learning dan metode konvensional atau ceramah pada materi sistem ekskresi pada manusia di Mts N 3 Labura. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas, yaitu sampel 1 kelas VIIIA yang berjumlah 41 orang dan sampel 2 kelas VIIIB yang berjumlah 41 orang. Untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa pilihan berganda yang terdiri dari 20 item. Berdasarkan uji dependent sample T – Test diperoleh nilai sig diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (9,00 > 1,68288) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekataan scientific dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII Mts N 3 Labura.
Downloads
References
Hartanto, Wiwin. (2016). “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10 (1). 1-18.
Kuntarto, E (2017). “Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Jurnal Indonesia Language Education and Literature, 3 (1). 53-65.
Maulana, Farid. (2020) . Problematika Penggunaan Google Classroom Sebagai Sarana Pembelajaran Akibat Covid-19. Tersedia http://e- repository.perpus.iainsalatiga.ac.id (14 Oktober 2020)
Maysari, Shelly. (2020). Pengertian Media Online serta Kelebihan dan Kekurangannya. Tersedia di: http//www.akudigital.com/bisnis- tips/pengertian-media-online (21 Desember 2020)
Mustakim. (2020). "Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika”. Jurnal of Islami Educition, 2 (1). 1-12.
Oetomo, D.S.B. (2017). E-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: ANDI.
Permata, A. & Bhakti, B.Y. (2020). “Keefektifan Virtual Class dengan Goggle Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 4 (1). 27-33.
Putri, Septi Dwi & Desy Eka Citra. (2019). “Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu”. Indonesia Jurnal Of Social Science Education. 1 (1). 49-54.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Rahmah, A., dkk. (2017). New Edition Big Book Biologi SMA/MA Kelas X, XI, dan XII. Jakarta: Cmedia Imprint Kawan Pustaka.
Rahmawati, R.N. Rosida, E.F. Kholidin, I.F. (2020). “Pembelajaran Daring Saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah’. Journal of Primary Education, 1 (2). 139-148
Sari, M. Nawawi. Darmawan, H. (2020). “Analisis Pembelajaran di Era Pandemi (Covid-19) Pada Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak”. JPTIK, 2 (1). 1-7.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
S. H. Sahir, R. S. Ayu Ramadhana, M. F. Romadhon Marpaung, S. R. Munthe, and R. Watrianthos, “Online learning sentiment analysis during the covid-19 Indonesia pandemic using twitter data,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1156, no. 1, p. 012011, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1156/1/012011.
Samsir, Ambiyar, U. Verawardina, F. Edi, and R. Watrianthos, “Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Pada Twitter di Masa Pandemi COVID-19,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMAJURNAL MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 5, no. 10, pp. 174–179, 2021, doi: 10.30865/mib.v4i4.2293.





