Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantauprapat

  • Delfi Liana Putri Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Rantauprapat, Indonesia
  • Syahraini Ritonga Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Rantauprapat, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantauprapat T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true experiment. Sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling dari 67 siswa yang terdiri dari dua sampel, yaitu sampel 1 kelas X IPA1 yang berjumlah 34 siswa dan sampel 2 kelas X IPA3 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda yang terdiri dari 30 item. Berdasarkan uji dependent sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (12,940 > 1,69389) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Y. dan Rasiman. (2019). “Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Media Pohon Hitung Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung”. International Journal of Elementary Education 3 (2). 186-193.

Aningsih dan Zahrani, M. (2019). “Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL)”. Jurnal Pedagogik 7 (1). 48-56.

Arifin, S. (2016). “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melihat Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Semester Awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah”. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA 2 (2). 142-160.

Hakim, S., Wahyudi, Verawati, N.N.S.P. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Atthohiriyah Bodak”. Jurnal Kependidikan Fisika 6 (1). 1-7.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara: Jakarta.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Irwanto dan Marliah. (2019). “Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA”. Jurnal Taman Cendekia 3 (2). 342-349.

Ismail, A.R.N., dan Lutfianto, M. (2019). “Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Surabaya”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami 3 (1). 116-123.

Kasmawati, Latuconsina, N.K., dan Abrar, A.I.P. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar”. Jurnal Pendidikan Fisika 5 (2). 70-75.


Prasetya, R.B. (2018). “Penerapan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Untuk meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 10 (2). 500-511.

Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zulaiha, S. (2016). “Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI”. Jurnal Pendidikan Islam 1 (1). 41-60.
Published
2021-09-15