Pengaruh Strategi Problem Based Learning dan Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Na IX-X
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi problem based learning, group
investigation dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa siswa SMAN 1 Na
IX-X. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas
yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi problem
based learning, kelas B dibelajarkan dengan strategi group investigation, dan kelas kontrol yang dibelajarkan
dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir
kritis sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kovariat (Anacova) pada taraf
signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara
penggunaan strategi pembelajaran problem based learning, strategi pembelajaran group investigation dan
pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Na IX-X. Kemampuan
berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran problem based learning 79,69 ± 6,34 (
X
±SD) lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi
pembelajaran group investigation 77,50 ± 4,75(
X
±SD) dan kemampuan berpikir kritis siswa yang
dibelajarkan dengan strategi konvensional 68,59 ± 6,89 (
X
±SD).
Downloads
References
6(1): 26-36.
Arends, I.A. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ata, K. 2012. Perbandingan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa tentang Polusi
Lingkungan Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran PBL dan Inquiry di SMK Negeri 4
Lhokseumawe. Tesis tidak diterbitkan . Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri
Medan.
Ennis, R. H. 1993. Critical Thinking Assessment. Theory Into Practice. 32(3): 179-186.
Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Fitriyani, R., Aloysius. D.C., dan Ibrohim. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based
Learning dan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis,
dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains. 3(4):186-200.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Masek, A. and Yamin, S. 2011. The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking
Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and
Humanities. 2(1):215-221.
Quitadamo, I. J., C. L. Faiola, J. E. Johnson, and M. J. Kurtz. Communitybased
Inquiry Improves Critical Thinking in General Education Biology. CBE-Life Sciences
Education. 7(3): 327-337.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
Kencana.
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Zabit, M. N. M. 2010. Problem-Based Learning On Students’Critical Thinking Ability In
Teaching Business Education In Malaysia: A Literature Review. American Journal of
Business Education. 3( 6): 19-32.





