Pengaruh Strategi Problem Based Learning dan Group Investigation terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Na IX-X

  • Syahraini Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Hasil Belajar, Strategi Problem Based Learning, Strategi Group Investigation, Pembelajaran Konvensional.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi problem based learning, group
investigation dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 NA IX-X. Metode
penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang
ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi problem based
learning, kelas B dibelajarkan dengan strategi group investigation, dan kelas kontrol yang dibelajarkan
dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30
soal dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kovariat (Anacova)
pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan: ada pengaruh yang
signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran problem based learning, strategi pembelajaran group
investigation dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Na IX-X. Hasil belajar
biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran problem based learning 85,94 ± 5,54 (
X
±SD) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi
pembelajaran group investigation 80,56 ± 4,78 (
X
±SD) dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan
strategi konvensional 69,78 ± 5,22 (
X
±SD).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akçay, B., 2009. Problem-Based Learning in Science Education. Turkish Science Education.
6(1): 26-36.
Angkat, A. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap
Ilmiah, dan Hasil Belajar Siswa Tentang Ekologi di SMK Negeri 1 Penanggalan Kota
Subulussalam. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri
Medan.
Angkowo, R., dan A. Kosasih, (2007), Optimalisasi Media Pembelajaran, Grasindo: Jakarta.
Arends, I.A. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ata, K. 2012. Perbandingan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa tentang Polusi
Lingkungan Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran PBL dan Inquiry di SMK Negeri 4
Lhokseumawe. Tesis tidak diterbitkan . Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri
Medan.
Bilgin, I. 2009. The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students’
Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. Eurasia
Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2009, 5(2): 153-164.
Hamalik, Oemar, (2008), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bumi
Aksara: Jakarta.
Sanjaya, W. 2009. Starategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
Kencana.
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Zabit, M. N. M. 2010. Problem-Based Learning On Students’Critical Thinking Skills In Teaching
Business Education In Malaysia: A Literature Review. American Journal of Business
Education. 3( 6): 19-32.
Published
2020-09-09