PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI PADA KELAS X MIA SMA SWASTA KEMALA BHAYANGKARI 2 RANTAUPRAPAT TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Ima Fitriani Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Erlia Utami Panjaitan Dosen Universitas Al washliyah Labuhanbatu
Keywords: Metode Outdoor Learning, Nilai Rata-rata, , Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Outdoor LearningTerhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Pada Kelas X MIA SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantauprapat Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, dalam pengambilan sampel secara random sampling, seluruh siswa kelas X MIA menjadi populasi yang berjumlah 77 siswa tetapi yang menjadi sampel adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes objektif yaitu pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pengelolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan komputer seperti Microsoft Excel dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 86,46 dan nilai rata-rata kelas kontrol 79,08. Nilai rata-rata tersebut menunjukkan ada pengaruh peggunaan metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa, dengan hasil signifikan 7,12> 1,67. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh cukup baik dalam metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguslani, Mushlih. Rudi, Ahmad. 2018. Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[2] Halomoan, Baginda. 2018. Penggunaan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem Kelas VII Di MTS Al Fauzan Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2017/2018.
[3] Husamah, 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.
[4] Karmila. 2016.Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis Kelompok Terhadap Hasil Belajar IPS DI SDN. Vol 2 No 1.
[5] Maulim, Pasar. 2011. Statistikteoridanaplikasidalampenelitian. Medan :Fakultasdanmatimatikadanilmupengetahuanalamuniversitasnegerimedan.
[6] Sari Novita, Ira.2015. PengaruhEvakuasiPembelajaranBiologiTerhadapMotivasidanPeningkatanHasilBelajarSiswaKelas VIII MTS Swasta Al-WashliyahSimpangMarbauTahunPelajaran 2015/2016.
[7] Sugiyono. 2017. Metodologipenelitianpendidikanpendekatankuantitatif, kualitatif, danr&d.Bandung :Alfabeta, cv.
[8] Tiffeni, Ardina, Dkk. 2017. Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spermatophyta SMA.Volume 3, Nomor 1, Halaman1-2. p- ISSN: 211539
Published
2020-09-07