PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X-MIA MADRASAH ALIYAH SWASTA PP AHMADUL JARIYAH KOTA PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

  • defri rahmat Dosen Universitas Al washliyah Labuhanbatu
Keywords: Direct Instruction, Hasil Belajar, Ekosistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas X-MIA Madrasah Aliyah Swasta PP Ahmadul Jariyah Kota Pinang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas dimana kelas X-MIA B sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA C sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan sampel total. Instrumen yang digunakan sebanyak 25 soal tes dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid.

Hasil penelitian diperoleh rata – rata hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (kelas eksperimen) kelas X-MIA B rata – rata sebesar 90,17 dengan standar deviasi 4,854, sedangkan kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model konvensional (kelas kontrol) kelas X-MIA C rata – rata sebesar 74,00 dengan standar deviasi 10,418. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 8,324>1,667 sehingga Ho ditolak dan Ha terima yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi ekosistem di kelas X-MIA Madrasah Aliyah Swasta PP Ahmadul Jariyah Kota Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M., (2010). Pengertian Belajar dan hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Karya
[2] Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Malang: UMM Press.
[3] Arnyana.(2006). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[4] Dimiyanti, Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[5] Djamarah, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
[6] Eis Sukmana, Rena Lestari, dan Ria Karno. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SM Negeri 1 Tambusai Utara. Jurnal , 1 – 4.
[7] Ernawati, dkk. (2008). Buku IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta : Erlangga.
[8] Hamalik, Oemar. (2010). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
[9] Hamdani, 2011. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[10] Ihdi Shabrona Putri, Rita Juliani, Ilan Nia Lestari (2017) dengan judul penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal : Vol. 6. No. 2. Hal : 91-94.
[11] Majid A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
[12] Nila Eka Sari, (2015). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Aek Kuasan. Rantauprapat : Skripsi. Universitas Al Washliyah Labuhanbatu.
[13] Purba. 2010. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
[14] Rahmawati. (2014). Model Pembelajaran Discovery. Jakarta : Grafindo.
Published
2020-02-17