Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question and Getting Answer Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak di Kelas XI SMA Swasta Imelda Tanjung Medan
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar siswa di SMA Swasta Imelda Tanjung medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Pengambilan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik Sampling Jenuh. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dan kelas XI IPA 2 kelas kontrol menggunakan metode ceramah.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes objektif berupa tes pilihan ganda. Dengan menggunakan uji statistik t pada taraf signifikan ????= 0,05 diperoleh thitung = 71,50 sedangkan ttabel = 1,671. Hal ini menunjukkan harga thitung> ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem gerak di kelas XI SMA Swasta Imelda Tanjung Medan.
Downloads
References
[2] Andi Asmawati Azis dan Rezeki Amaliah, Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Giving Question and Getting Answer Pada Konsep Sistem Gerak Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 4 Bantimurung,Jurnal Bionature volume 2, nomor 2, tahun 2011, ISSN:1411-4720, Universitas Negeri Makassar.
[3] Arikunto, Suharsimi, 2013, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
[4] Dimyati dan Mudjiono, 2013, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
[5] Hadis dan Nurhayati, 2014, Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
[6] Istarani dan Ridwan.M.2014, 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan : Media Persada.
[7] Megayani dan Khulaelaturroihah, Penerapan Strategi GQGA (Giving Question and Getting Answer) Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Man Buntet Pesantren Cirebon Jurnal Bio Educatio, volume 2, nomor 1, tahun 2017, ISSN:2541-2280, STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu.





